kursor

Cool Orange Pointer

burung garuda

Senin, 31 Oktober 2011

alga hijau-biru (cynobacteria)


Cyanophyta
http://i1083.photobucket.com/albums/j381/pobersonic/Picture%20blog/cyanoblue-greenalga.jpg
Ganggang hijau biru adalah organisme prokariotik dan karenanya tidak terikat membran organel. Lebih erat kaitannya dengan bakteri daripada algae lain, mereka sering disebut sebagai cyanobacteria. Mereka terjadi di laut, air tawar dan habitat darat. Cyanophyta merupakan komponen penting dalam siklus nitrogen dan produsen.
Cyanophyta [dalam bahasa Yunani, siano = biru-hijau, dan myx = lendir]: ini terjadi di uniseluler, berserabut, dan bentuk-bentuk kolonial, dan sebagian besar tertutup dalam sarung mucilaginous baik secara perorangan maupun di koloni. Sebagian besar dari biru-hijau planktonic terdiri dari anggota Chroococcaceae keluarga coccoid (misalnya, Anacystis = Microcystis, Gomphosphaeria = Coelosphaerium, dan Coccochloris) dan keluarga berserabut Oscillatoriaceae, Nostocaceae, dan Rivulariaceae (misalnya, Oscillatoria, Lyngbya, Aphanizomenon [3 -- 6 μm], Anabaena)
Cyanobacteria ditemukan di hampir semua habitat yang bisa dibayangkan, dari samudera ke air tawar ke batu sampai tanah. Mereka bisa bersel tunggal atau koloni. Koloni dapat membentuk filamen ataupun lembaran. Cyanobacteria termasuk uniselular, koloni, dan bentuk filamen. Beberapa koloni filamen memiliki kemampuan untuk berdiferensiasi menjadi tiga tipe sel yang berbeda: sel vegetatif adalah yang normal, sel fotosintesis pada kondisi lingkungan yang baik, dan tipe heterokista yang berdinding tebal yang mengandung enzim nitrogenase. Setiap individu sel umumnya memiliki dinding sel yang tebal, lentur, dan Gram negatif. Cyanobacteria tidak memiliki flagela. Mereka bergerak dengan meluncur sepanjang permukaan. Kebanyakan cyanobacteria ditemukan di air tawar, sedangkan lainnya tinggal di lautan, terdapat di tanah lembab, atau bahkan kadang-kadang melembabkan batuan di gurun. Beberapa bersimbiosis dengan lumut kerak, tumbuhan, berbagai jenis protista, atau spons dan menyediakan energi bagi inang.
Ciri-ciri :
 Soliter
© & berkoloni
 Unisel : punya flagellum untuk pergerakan.
©
 Talus
©
 Eukariot
©
 Mempunyai kloroplas (= adalah organel plastida yang mengandung zat
© warna)
 Fotoautotrof
©
 Habitat : perairan.
©
 Fungsi ganggang : penyedia oksigen dan makanan (produsen ) pada
© ekosistem perairan
 Mempunyai struktur dalam kloroplas yg disebut Pirenoid – untuk
© menyimpan cadangan makanan.
Ciri-ciri khusus :
• Warna umum hijau ( kebanyakan hidup di air tawar ), kecuali Trichodesmium Eritreum (berwarna merah dan banyak terdapat di laut )
• Kelompok tertentu memfiksasi N2 dari atmosfer
a. kelompok filamen punya hetericyst
b. kelompok filamen tanpa heterocyst
c. kelompok Unicell
• Pada umumnya tidak memiliki alat gerak
• Sebagian besar dinding selnya diselaputi lendir
• Jenis-jenis tertentu sering mengalami blooming
Bentuk kloroplas ganggang :
o Bulat : Chroococcum
o Mangkuk : Chlorella & Chlamydomonas
o Sabuk : Ulothrix
o Cakram : Vaucheria & Chara
o Jala : Oedogonium
o Spiral : Spirogyra
Pigmen utama pada ganggang :
• klorofil (klorofil a, b, c, d)
• karoten
o santofil (keemasan)
o fukosantin (coklat)
• fikobilin
o fikoeritrin (merah)
o fikosianin (biru)
Reproduksi ganggang :
• asexual :
o pembelahan biner pada ganggang unisel. Cth : Chlorella & Euglena
o fragmentasi pada ganggang berbentuk benang. Cth : Spirogyra, Laminaria, Sargassum.
o pembentukan spora Chlamydomonas & Ulothrix.
• sexual :
o penyatuan gamet yg berbeda jenis.
o Oogami
o Isogami
o Anisogami.
Perkembangbiakan ganggang hijau – biru.
Perkembangbiakan dilakukan dengan pembelahan sel, fragmentasi, dan pembentukan spora.
1. Pembelahan sel
    Melalui cara ini sel dapat langsung terpisah atau tetap bergabung membentuk koloni, misalnya Gloeocapsa.
2. Fragmentasi
    Fragmentasi terutama pada ganggang yang berbentuk filament , misalnya : Oscillatoria.
Pada filament yang panjang , bila salah satu selnya mati, maka sel mati itu membagi filament menjadi dua atau lebih . masing – masing potongan disebut hormogonium. Bila hormogonium terlepas dari filament induk maka akan menjadi individu baru, misalnya pada plectonema boryanum.
3. Spora
     Pada keadaan yang kurang menguntungkan akan terbentuk spora yang sebenarnya merupakan sel vegetative, spora ini membesar dan tebal karena penimbunan zat makanan.
Ganggang hijau biru dapat bergerak dengan gerakan meluncur, tetapi gerakan ini sangat lambat, kira – kira 250 mikrometer permenit. Ganggang hijau biru tidak berflagela.
Cyanophyta memiliki satu kelas, yaitu Kelas Cyanophyceae
Kelas, Cyanophyceae, dapat dibagi menjadi lima ordo: Chroococcales, Pleurocapsales, Oscillatoriales, Nostocales, Stigonematales.
§ Ordo Chroococcales
Tidak menghasilkan spora
Unicell, koloni
Reproduksi : pembelahan sel ( Unicell ) dan Fragmentasi ( koloni )
Ada satu famili : Chroococcaceae
Contoh Genus : Chrococcus, Gloecapsa, merismopedia, mycrocystis.
§ Ordo Pleurocapsales
Yang Pleurocapsales uniseluler atau kecil termasuk bentuk kolonial. Beberapa bahkan mungkin terdiri dari sel-sel parenchymatous alas terlampir pendek bercabang cabang atau filamen. Penyebaran adalah dengan pembelahan sel dan endospores. Termasuk genera: Cyanocystis Chamaesiphon dan Pleurocapsa.
§ Ordo Oscillatoriales
Tidak menghasilkan spora
Seluruhnya filament
Sebagian mempunyai heterocyst, sebagian lagi tidak
Reproduksi : Fragmentasi ( umumnys ), akineta ( bila diawali dengan kodisi nutrien yang tinggi )
Terdapat tiga famili :
a. Oscillatiriceae
Tidak punya heterocyst
Contoh genus : Oscillatoria, Lyngbya, Spirulina, Athrosphira.
b. Nostocaceae
mempunyai heterocyst
memproduksi akineta
contoh genus : Nostoc, anabaena
c. Rivulariaceae
sebagian memproduksi akineta
contoh genus : Rivularia, Gleothrichi
Berserat termasuk yang Oscillatoriales cyanobacteria yang menyebar terutama oleh pembentukan hormogonia. Setiap percabangan di filamen adalah palsu, dan tidak heterocysts maupun akinetes.
§ Ordo Nostocales
Berserat termasuk yang Nostocales cyanobacteria yang menyebar terutama oleh pembentukan hormogonia. Setiap percabangan adalah palsu, dan keduanya heterocysts dan akinetes dapat dihasilkan. Termasuk genera: Nostoc, Anabaena, Cylindrospermum, Aphanizomenon, Scytonema, Gloeotrichia, dan Rivularia.
§ Ordo Stigonematales
Berserat termasuk yang Stigonematales cyanobacteria yang menyebar terutama oleh pembentukan hormogonia. Bercabang adalah benar dan heterocysts dan akinetes dapat berdua akan diproduksi. Termasuk genera: Stigonema, Hapalosiphon, dan Fisherella.
Peranan dalam perairan
o Produsen Primer
o Sumber makanan ikan dan manusia
Beberapa spesies ganggang hijau biru dapat dimanfaatkan sebagai sumber makanan alternative, misalnya Spirulina sp.
o Jika terjadi blooming ikan mati, perairan tercemar, produksi racun.Blooming mycrocystis dipengaruhi oleh berlebihnya kandungan fosfor yang didukung Pula oleh suhu yang tinggi.
o Beberapa spesies ganggang hijau – biru yang bersimbiosis dapat menambat (fiksasi) nitrogen bebas , sehingga menambah kesuburan tanah, misalnya : Anabaena azollae.
Toksin Cyanobacteria
Cyanobacteria atau biru-hijau algae terjadi di seluruh dunia terutama dalam tenang, gizi kaya air. Beberapa spesies cyanobacteria memproduksi toxins yang mempengaruhi hewan dan manusia. Orang mungkin akan menemukan cyanobacterial toxins oleh minum atau mandi di air ketularan. Yang paling sering dan serius efek kesehatan yang disebabkan oleh air minum yang mengandung toxins (cyanobacteria), atau selama proses menelan rekreasi air kontak.
Penyakit dan bagaimana akan mempengaruhi orang-orang
Penyakit akibat cyanobacterial toxins bervariasi sesuai dengan jenis toksin dan jenis air atau air yang terkait dengan eksposur (minum, kulit kontak, dll). Manusia akan terpengaruh dengan berbagai gejala, termasuk iritasi kulit, keram perut, muntah, mual, diare, demam, sakit tenggorokan, sakit kepala, sakit otot dan sendi, blisters dari mulut dan kerusakan hati. Berenang di air yang mengandung cyanobacterial toxins Mei menderita reaksi alergi, seperti asma, mata iritasi, rashes, dan blisters sekitar mulut dan hidung. Binatang, burung, dan ikan juga dapat keracunan oleh tingginya tingkat produksi toksin-cyanobacteria.
Penyebab
Cyanobacteria yang juga dikenal sebagai algae biru-hijau, sehingga bernama karena organisme memiliki karakteristik dari kedua algae dan bakteri, walaupun mereka sekarang diklasifikasikan sebagai bakteri. Biru-warna hijau berasal dari kemampuan mereka untuk photosynthesize, seperti tanaman.
Cyanobacterial toxins diklasifikasi oleh pengaruhnya terhadap tubuh manusia.
 Hepatotoxins (yang mempengaruhi hati) yang diproduksi oleh beberapa
ü jenis dari cyanobacteria, misalnya :Microcystis, Anabaena, Oscillatoria, Nodularia, Nostoc, Cylindrospermopsis dan Umezakia.
 Neurotoxins (yang mempengaruhi sistem saraf) yang diproduksi oleh
ü beberapa jenis dari Aphanizomenon dan Oscilatoria.
 Cyanobacteria dari spesies Cylindroapermopsis Raciborski Mei juga
ü menghasilkan racun alkaloids, gastrointestinal menyebabkan gejala ginjal atau penyakit pada manusia. Tidak semua spesies cyanobacteria ini formulir toxins dan kemungkinan yang ada namun tidak dikenal sebagai toxins.
Terutama orang yang terkena cyanobacterial toxins karena minum atau mandi di air ketularan. Sumber lain termasuk makanan algal tablet. Beberapa spesies membentuk buih di atas air, konsentrasi tinggi, tetapi juga terdapat di seluruh permukaan air. Permukaan scums, bahaya untuk kesehatan manusia terutama kontak langsung. Kontak, terutama pada anak-anak, harus dihindari.
Intervensi
* Mengurangi gizi build-up (eutrophication) di danau dan waduk, terutama oleh manajemen yang lebih baik dari sistem pembuangan limbah dan pengendalian pencemaran oleh pupuk (termasuk pupuk) dari pertanian.
* Mendidik staf dan kesehatan di sektor air, serta masyarakat, tentang risiko minum, mandi atau olahraga air di air mungkin mengandung densities tinggi dari cyanobacteria.
* perawatan air untuk menghapus organisme dan toxins dari pasokan air minum, jika sesuai.
Diagnostik Karakter dari Alga Biru-hijau.
Berapa banyak yang ada? Sekitar 150 marga dengan sekitar 2000 spesies.
Berapa usia mereka? 2,8-2500000000 tahun dengan stromatolites sebagai fosil hidup .
Dimana cyanobacteria ditemukan?
o Banyak spesies di habitat air tawar termasuk mata air panas dan tanah.
o Banyak spesies di habitat laut juga.
o Di Hawaii, majuscula Lynbya mungkin laut yang paling umum spesies kita.
Bagaimana sel-sel mereka terorganisir? organisasi bakteri .
Apa pigmen yang mereka miliki?
o Klorofil dan phycobilins dirakit sebagai phycobilisome pada membran tilakoid.
Bagaimana kloroplas dibangun?
o Thylakoids tidak stack sama sekali, mereka membentuk Grana NO.
o Tidak ada kloroplas.
Penyimpanan produk apa dibuat?
o Cyanophycin pati {dengan alpha 1,4 glukan terkait}.
Dinding sel fitur?
o Ini adalah bakteri gram negatif dengan dinding sel berlapis 4; murein (peptidoglikan) sebagai struktur yang kaku.
o Banyak juga memiliki polisakarida matriks yang amplop sel ( Anacystis ) atau sarung yang menutupi sel-sel di filamen ( Lyngbya ).
Sel keragaman dan kompleksitas yang mengejutkan untuk “bakteri”.
o Sebuah beberapa spesies tetap sebagai unicells tetapi tidak menunjukkan reproduksi seksual.
o Agregasi sel menjadi “trikoma” terjadi ( Lyngbya ).
o Filamen terjadi ketika trikoma dikelilingi oleh selubung.
o Diferensiasi sel hasil dalam “spora”, akinetes dan heterocysts.
o Lihatlah ini sampling Cyanophytes .

Habitat Alga Biru
 Biasanya tumbuh mulai pada bagian dasar aquarium.
Berbagai spesies alga ini mengkonsumsi senyawa-senyawa
organik, yang menyebabkanmemburuknya kualitas air ( kadar senyawa organik melimpah)
 Hal lain,yang dapat memicu munculnya alga biru adalah : sinar matahari, dekomposisi  subtrat,sisa pakan, pemupukan berlebih, dan tingkat kandungan nitrat tinggi.
Kontrol ; pH dibawah 6.0 merupakan kondisi yang tidak disukai alga biru.
Alga biru mempunyai rasa pahit, sehingga ikan pembersih alga, seperti Black Molly
    ntidakmenyukainya.
Siput apel diketahui sering efektif dalam menanggulangi alga ini.
Penggelapan total selama 4-6 hari atau penggantian air rutin, akan menciptakan kondisi yangtidak disukai bagi alga biru.


GANGGANG BIRU -CYANOBACTERIA

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj20PZA0A_iViA5QanfDv7E6RVQFgQWj2Wf5SXkoSuiVavRZ2Xr1Er-bbZOE7IwLBghP6F9eiTF-vs71mZnpIBe1cL2BjCqwh5FMTWhzUS7K25TlnKDQ91jsdhlIvEAe622sbLcmDPHGBiB/s320/ganggang+biru.bmpAlga biru adalah satu satunya ganggang yang tergolong dalam kingdom monera Divisio Cyanophyta , ganggang ini bersel tunggal atau berbentuk benang dengan struktur tubuh yang masih sederhana dimana intinya masih prokaryotik , mempunyai pigmen biru-kehijauan, dan bersifat autotrof karena mempunyai klorofil sehingga mempunyai kemampuan untuk fotosintesis.
  •  
  • Dinding selnya berlendir
  • Pada bagian pinggir plasmanya terkandung zat warna klorofil-a
  • Mengandung pigmen fikosianin yang berwarna biru yang larut air
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEipef2jx8N6-hQs4vYo_s2VT-2Ypj_li1PzgZmYKS7SgCAGzcLemr1b-bvnubn02q9mKwHkKnyl2fR7DvrwPs-lDLHL-SOovppFsr4KvotbPqL6p02gwzoTjGWwNA_taXk8WKEdyLjbF-Fi/s320/phycosianin.bmp
  • Di tengah-tengah sel terdapat bagian yang tidak berwarna yang mengandung asam deoksi-ribonukleat dan asam ribonukleat yang tidak dibungkus membran inti ( prokaryotik )
  • Dalam sel-sel yang telah tua tampak juga vakuola
  • Sebagai zat makanan cadangan ditemukan glikogen dan di samping itu juga terdapat protein berupa lipo-protein ( gabungan protein dan lemak) penyusun membran selnya
  • Ganggan biru umumnya tidak bergerak.jika terjadi gerakan kecil gerakan merayap yang meluncur pada alas yang basah. gerakan itu mungkin sekali karena adanya kontraksi tubuh dan dibantu dengan pembentukan lendir
  • Bentuknya bervariasi ada yang berbentuk benang dapat
  • Perkembangbiakan selalu vegetatif dengan membelah, pembiakan secara seksual belum pernah ditemukan

KLASIFIKASI

Ganggang Biru dibedakan dalam 3 bangsa.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg0Dkg4w-hfKwWce3JunRPP-T907NOgtnAkfizeUALcYdoO46U6gPZtU0-lSnwdy2zkKdQLvr02ghFYImlX90t0EEC6MA_Le6IfAh6MGvy0XQDtgO-vYhTfIJcw_127W98ZjBnGR-nyv0a0/s320/KLASIFIKASI+GANGGANG+BIRU.bmp

Bangsa Chroococcales.
Berbentuk tunggal atau kelompok tanpa spora, warna biru kehijau-hijauanUmumnya alga ini membentuk selaput lendir pada cadas atau tembok yang basah. Setelah pembelahan, sel-sel tetap bergandengan dengan perantaraan lendir tadi, dan dengan demikian terbentuk kelompok-kelompok atau koloni.
Chroococcus turgidus
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgo-pm73dmnOar5SKtb6CZpvsRotly1-xukERXrL6bowf-MFHEoNBau8wUnB1cwTFNg-sbrawhxu5BOTMAr4-YjJYwVBIARmBUspQGHqIG3iAEOvRgfAIvOdqXEWzhOFiLSGRy72F8J7Jrp/s320/chroococus+cyanobacteria.bmpGloeocapsa sanguinea
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgUzvF3C6lNQINg_shkhgNNDwENNc5Twr6tiJgZyXlm27b2v52s2T24rxvnkaIpW_fsm_elANXJgNbPXYWItnrwc5EaT-Z1EiGD1s0784s7udCjBp-osMBw0JTKpf3ImJ-5lfe0kjoC_tbP/s320/gleocapsa.bmp
Bangsa Chamaesiphonales
Alga bersel tunggal atau merupakan koloni berbentuk benang, mempunyai spora. Benang-benang itu dapat putus-putus merupakan hormogonium, yang dapat merayap dan merupakan koloni baru.Spora terbentuk dari isi sel (endospora). Setelah keluar dari sel induknya, spora dapat menjadi tumbuhan baru. Untuk menghadapi kala yang buruk dapat membentuk sel-sel awetan dengan menambah zat makanan cadangan serta mempertebal dan memperbesar dinding sel
Chamaesiphon confervicolus



Bangsa Nostocales
  • Sel-selnya merupakan koloni berbentuk benang, atau diselubungi suatu membran.
  • Benang-benang itu melekat pada substratnya, tidak bercabang, jarang mempunyai percabangan sejati, lebih sering mempunyai percabangan semu.
  • Benang benang itu selalu dapat membentuk hormogonium.
  • Contoh : Oscillatoria , Rivularia , Anabaena, Spirulina
  1. Oscillatoria,
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjtRHuzNyOXZD-VmaCrjX8qqJRAPYFyEm5_q8A2fGWoTcSkfgivYJjDVJyjR5BXt-UCtYRCFmbVoFoop030iA1JXIY4oCFl4wnPvlj7Y8WReuD3PRMg95RnSxRE-yLegFHj-AmoWxtlHNSg/s320/oscilatoria+ganggang+biru.bmp
  • hidup dalam air atau di atas tanah yang basah,
  • sel¬selnya bulat, merupakan benang-benang dan akhirnya membentuk koloni yang berlendir.
  • Pada jarak-jarak tertentu pada benang¬benang itu terdapat sel-sel yang dindingnya tebal,
  • kehilangan zat¬zat warna yang berguna untuk asimilasi, hingga kelihatan kekuning-kuningan dan dinamakan heterosista.
  • Heterosista ini dalam keadaan khusus dapat tumbuh menjadi benang baru, tetapi fungsinya belum dikenal dan biasanya lekas mati.
  • Contoh Oscillatoria limosa; Oscillatoria princeps.

2. Rivularia
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgO8krNgTXLjGP_za2UFhH4lrkYY1v_wtCZEEVG889x0yg2AQ9yvBygUhilrHiKgusN18BeVo3qtPrVTXfulS2jCl-s_u9r9XHfvNS5PT8D5TD42mMWUhwv6Jd1_xol7id_BjhznTQ3_wzq/s320/rivularia.bmp
3. Nostoc
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiRsfT4gQXCXxCcwxNEKwr2yobWd-zUGelxJpG2rFXhIepf2BM7ks57Uol8TvWNSA_db2iMb1BbGDaq6QoP9BIRVEar2qeaa1hD_v2VDVk98USzEbNaq7d-xidhyoaNPpGvXcQyQkr583dm/s320/nostoc+comunae.bmp
4, Anabaena azollae / Anabaena cycadae.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgLblXUFJTXLPvDIxDEcjgTX4CnD8Su2lvFKWM_FBHPpRPmXRb2vBUuYZp5khHeVzCh9DzL4FleQbM9HFv-qtMCbR49HvC1BuOapM2t1gbpfzhZlPICPaD_s19pIwqDZ0vOEF0PGf0lOuFH/s320/anaebaena+fiksasi+nitrogen.bmpAnabaena
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEib2ehDNIh32qWLBnDdt-_zTi8mG5qLmQhQm-iiZfD09XK0Z5RwdS-F7UPZESeX17Q3vYSmyt7MQ3yyuha46qzAWhhwGZjprAXOsj1fE18BOGB_r1Uf9lC-YEM259iETiyyTXYXZeJY6Yy-/s320/anabaena+n2+fixasi.bmphttps://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhStS23GiFcy9oHM0gieIjgxYtv9XeDmLq3fXJfmRqEQ4V2UumLB1IFHZS0qBlZ1cZhP6qBGaJrshc068g6U8u7X5UiFTpg228exfhMTZuXv22d26C6OjNPpQ-llwWGHVUR_zqsAkhY_ED4/s320/spirulina+single+cell+protein.png
  • Nostoc, dapat menambat N dari udara, seringkali bersimbiosis dengan Fungai membentuk Lichenes.
  • Anabaena, juga menambat N dari udara dan dapat bersimbiosis dengan tanaman
  • Anaabaena cycadae bersimbiotic dengan pakis haji (Cycas rumphii)
  • Anabaena azollae bersimbiotic dengan paku air Azolla pinata (dalam daunnya) yang hidup di sawah-sawah dan di rawa rawa.
  • dalam bersimbiotic anabaena berada dalam akar-akarnya yang disebut akar-akar bunga karang mengikat nitrogen untuk tumbuhannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar